Berpikir tingkat tinggi, materi real geografi, dan kependidikan.

Monday 18 May 2015

PERTANYAAN TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN GEOGRAFI


Geografi umum dikenal sebagai mata pelajaran yang menuntut siswa untuk menghafal. Setiap materinya selalu identik dengan kegiatan menghafal. Padahal yang demikian sangat tidak sesuai dengan hakikat geografi (baca:Paradigma Hafalan Geografi)

Kemampuan menghafal adalah kemampuan terendah tingkatan berpikir manusia. Oleh karena itu hindari kegiatan menghafal untuk materi yang tidak bermanfaat jangka panjang bagi siswa. Soal hafalan dapat kita ubah menjadi soal yang menuntut siswa berpikir tingkat tinggi.

Berpikir tingkat tinggi minimal menuntut siswa menganalisis atau lebih. Lalu, bagaimana dengan ujian siswa (UAS/UN)? Jika kita menerapkan pertanyaan tingkat tinggi, kemungkinan besar akan bertentangan dengan soal-soal yang diujikan, karena soal-soal ujian umumnya hanya menuntut siswa untuk menghafal.
Sederhana saja, tetap terapkan berpikir tingkat tinggi. Soal-soal ujian dapat disiasati dengan melatih siswa mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya. Karena kemungkinan besar soal yang diujikan tahun sekarang mirip dan bahkan terdapat kesamaan. Dengan melakukan hal tersebut, kemampuan berpikir siswa akan meningkat dan di sisi lain tuntutan ujian pun terpenuhi.






Berikut beberapa contoh perbandingan antara soal-soal menuntut menghafal dan berpikir tingkat tinggi.
1. Sebutkan jenis-jenis erosi!
2. Mengapa di kawasan lereng erosi terjadi lebih cepat?
3. Sebutkan jenis sungai menurut sumber airnya!
4. Sesuaikah sungai daerah lereng dimanfaatkan untuk waduk?

Soal no. 1 dan 3 hanya menuntut siswa mengingat materi, sedangkan soal no.2 menuntut siswa mengaitkan (analisa) pengaruh kemiringan lereng terhadap tingkat erosi. Pada contoh no. 4 pun siswa dituntut menilai (evaluasi) kesesuaian pemanfaatan sungai di kawasan hulu.

Geografi yang telah lama mendapat predikat mata pelajaran hafalan dapat memunculkan pertanyaan yang menuntut siswa berpikir tingkat tinggi, bagaimana dengan mata pelajaran yang lain? Silahkan coba diterapkan!

Seperti biasa pertanyaan no. 2 dan 4 dapat coba dijawab oleh siapapun termasuk siswa. Cantumkan jawaban di kolom komentar. Kritik dan saran sangat kami harapkan. Semoga dapat menginspirasi mata pelajaran lain untuk memunculkan pertanyaan tingkat tinggi dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sahabat Pendidikan

Text Widget

Unordered List

Sahabat Pendidikan

Powered by Blogger.