Berpikir tingkat tinggi, materi real geografi, dan kependidikan.

Tuesday 5 January 2016

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI FENOMENA LAUT KEMAMPUAN ANALISA DAN EVALUASI

Pembelajaran geografi ternyata tak semembosankan apa yang banyak orang pikirkan. Hanya dengan menyisipkan pendekatan khas geografi/geografi eye ternyata tak hanya membuat materi lebih menarik, tetapi juga dapat memunculkan berpikir tingkat tinggi.

Sebelumnya telah kita bahas contoh pembelajaran geografi berpikir tingkat tinggi melalui pemanfaatan ilmu bantu geografi (Baca:Menggeografikan Ilmu Bantu Demografi). Kali ini akan kita bahas contoh menyajikan berpikir tingkat tinggi melalui pendekatan keruangan materi fenomena gelombang laut.

Materi lengkap fenomena gelombang laut melalui pendekatan geografi telah dibahas dalam postingan sebelumnya. (Baca:Pendekatan Keruangan Materi Fenomena Gelombang Laut) perhatikan gambar lembar kerja berikut.


Lembar kerja untuk peserta didik sebaiknya mencantumkan langkah kerja dan bahasa yang mudah dipahami guna meminimalkan pertanyaan peserta didik yang dikhawatirkan memakan banyak waktu.

Waktu beraktivitas umumnya sekitar 60 menit. Masing-masing 30 menit untuk kerja kelompok, 20 menit selanjutnya presentasi hasil kerja, dan 10 menit terakhir untuk tanya jawab dan penarikan kesimpulan. Tugas pertama peserta didik ialah mengisi tabel dan mencoret kata yang tidak perlu.  Penting disampaikan pada peserta didik bahwa pengisian tabel harus secara horisontal agar muncul aktivitas mengaitkan.

Jika siswa baru pertama kali menghadapi lembar kerja yang demikian umumnya akan kebingungan saat mengerjakannya. Oleh karena itu fungsi guru sebagai fasilitator/pedamping sangat diperlukan saat itu.
Setelah tabel terisi dengan tepat, peserta didik mendeskripsikan dengan kalimat sederhana kaitan antara jenis pantai, kondisi, lokasi, kecepatan angin, dan kekuatan ombak pada kolom keterangan. Pengisian keterangan harus berdasarkan isi tabel. Untuk memudahkan pengisian tabel dengan tepat peserta didik perlu membaca tabel secara horisontal dan menghubungkan dengan konjungsi seperti jika, maka, sehingga, dsb. Berikut contoh lembar kerja yang telah diisi.


Pertnyaan yang tercantum dibawah memiliki beberapa tingkatan kemampuan berpikir. Soal pertama merupakan tuntutan menganalisa yakni mengaitkan kondisi pantai dan kekuatan gelombang. Selanjutnya soal kedua menuntut siswa menilai kesesuaian kondisi pantai dan pemanfaatannya. Kemampuan menilai identik dengan kemampuan analisa. Lalu soal ke tiga menuntut peserta didik mengaitkan kondisi pantai Utara Jawa dan kemanfaatannya bagi manusia. ketiga pertanyaan tersebut dapat dikerjakan sekaligus saat menyelesaikan tabel atau juga digunakan untuk kegiatan evaluasi di akhir pembelajaran.

Pembelajaran menggunakan lembar kerja umumnya membantu peserta didik menghilangkan kebosanan. Ceramah/penjelasan guru tetap diperlukan saat membuka materi dan penarikan kesimpulan di akhir pembelajaran. Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan. Mohon saran dan kritik dan semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sahabat Pendidikan

Text Widget

Unordered List

Sahabat Pendidikan

Powered by Blogger.