DIAGNOSA DALAM PEMBELAJARAN
Seperti halnya dokter, seorang pendidik pun juga harus mampu melakukan diagnosa dalam pembelajaran. Hal itu perlu dilakukan agar terjadi efektivitas dalam belajar.
salah satu contoh kasus yang sering terjadi adalah penanganan nilai buruk peserta bimbingan pada sebuah mata pelajaran. Seringkali kasus tersebut terjadi dan dilakukan bimbingan berkali-kali namun nilai tak kunjung meningkat. Kalaupun meningkat, mungkin tak terlalu signifikan.
Belajar pun perlu dilakukan diagnosa agar langkah yang dilakukan tepat sasaran |
Lantas bagaimana cara menghadapi kasus yang demikian? Cukup kita lakukan diagnosa sederhana. Terdapat dua penyebab yang umum terjadi yang mengakibatkan nilai peserta bimbingan buruk pada mata pelajaran tertentu. Bisa jadi penyebab pertama karena tidak suka dengan mata pelajaran tersebut, atau yang kedua akibat tidak suka dengan gurunya. Atau Bahkan karena tidak suka keduanya.
Perlu dilakukan langkah-langkah yang berbeda untuk memecahkan masalah tersebut. Terpenting, tanyakan kepada peserta bimbingan perihal mana kah yang menjadi penyebabbnya. Demikian semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment