Aktivitas dalam Pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas dialami siswa setiap hari. Tiap mata pelajaran umumnya mendapatkan waktu 2x45 menit. Jika dalam kurun waktu tersebut aktivitas siswa hanya mendengarkan penjelasan gur, dapat dipastikan akan sangat membosankan bagi siswa.
Untuk mengatasi hal itu, sisipkan aktivitas siswa di tengah-tengah KBM. Mengapa siswa perlu beraktivitas? Adanya aktivitas dalam pembelajaran akan menyita waktu siswa sehingga waktu terasa berjalan cepat.
Berdasarkan ilmu yang pernah saya pelajari saat masih kuliah dulu. Kegiatan KBM terbagi menjadi 3, Pendahuluan (20’), Kegiatan inti (50’), dan Penutup (20’). Jika semua dijumlah maka jumlahnya pas mencapai 90’. Namun, selama yang pernah saya lakukan, penerapan kegiatan inti selalu melebihi waktu yang ditetapkan.
Untuk menerapkan aktivitas siswa diperlukan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS berisi pertanyaan untuk didiskusikan beserta langkah-langkah kerja. Bagaimana menyusun LKS untuk pembelajaran Geografi SMA? pada artikel berikutnya akan saya cantumkan contoh lembar kerja materi hakikat geografi.
PAda intinya, bersyukurlah jika Anda seorang guru geografi, karena hampir di setiap sudut tempat selalu bersinggungan dengan materi mata pelajaran geografi. Jika kita peka dan kritis memandang sesuatu, sebuah foto bisa diterapkan dalam aktivitas pembelajaran.
Pada artikel-artikel selanjutnya, Insya Allah akan saya posting LKS untuk aktivitas siswa mata pelajaran Geografi. Anda boleh meng-copy paste LKS tersebut dan diterapkan di pembelajaran. Boleh di share kepada teman-teman geografi lainnya. Semoga bermanfaat, dan maju terus pendidikan Indonesia.
0 comments:
Post a Comment