Berpikir tingkat tinggi, materi real geografi, dan kependidikan.

Monday, 16 March 2015

TIPS MEMBUAT SOAL STANDAR BAGIAN 1

soal adalah salah satu jenis evaluasi pembelajaran yang paling sering digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Kenyataannya masih banyak jenis instrumen soal yang belum memenuhi standar soal yang baik. berikut akan dijelaskan beberapa pedoman untuk dapat menyajikan soal yang standar.

Segi bahasa, soal yang baik harus memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik. soal yang baik bahasa harus jelas (kata tanya), dan tidak ambigu (bermakna ganda). berikut beberapa contoh soal yang kurang memenuhi kaidah bahasa.

1. Coba jelaskan yang dimaksud dengan tektonisme!, pertanyaan tersebut bersifat opsional bagi siswa, kata "coba jelaskan" seolah memperbolehkan siswa tidak menjawabnya. (Jelaskan yang dimaksud dengan tektonisme!)
2. Apa yang kamu ketahui tentang tektonisme? Siswa yang cerdas dikhawatirkan menjawab dengan seenaknya, jika siswa tidak tahu tentang konsep yang ditanyakan maka jawabannya "saya tidak tahu tentang tektonisme" 
3. apa fungsi daun? (pertnayaan mapel biologi) pertanyaan yang demikian memungkinkan jawaban logis, salahkah siswa jika menjawab fungsi daun untuk bungkus makanan? (jelaskan fungsi daun bagi tumbuhan!)

kalimat dalam kurung di atas merupakan bentuk soal yang sesuai standar bahasa. sebagai tenaga pendidik semua guru pasti pernah mengenyam tata cara membuat soal yang sesuai standar bahasa. karena standar pembuatan soal telah dipelajari di mata kuliah evaluasi pembelajaran. 
standar bahasa bukanlah satu-satunya tolok ukur standar soal. standar lain akan dijelaskan pada artikel mendatang. Komentar dan pertanyaan sangat kami harapkan.

Uhammad Luthfi Arrohman, guru geografi MA Bustanul Ulum Dlanggu Mojokerto.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sahabat Pendidikan

Text Widget

Unordered List

Sahabat Pendidikan

Powered by Blogger.