Berpikir tingkat tinggi, materi real geografi, dan kependidikan.

Tuesday 14 August 2018

STRATEGI MENGHAFAL KONSEP YANG MIRIP

Konsep merupakan bagian erat dari pembelajaran. Melalui belajar konsep, peserta didik dapat menambah pengetahuan dan bahkan menerapkan konsep untuk pemecahan masalah. memelajari konsep juga bermanfaat untuk melatih penalaran dan berpikir tingkat tinggi yang sering disebut sebagai HOTS (Higher Order Thinking Skill).

(Apa sih bedanya Eduprivat dan bimbel-bimbel lainnya? Yuk klik di sini!)

Terkadang terdapat dua konsep yang memiliki makna yang mirip. Diantaranya batu sedimen kimiawi materi geografi SMA (Stalagtit dan Stalagmit), sumbu koordinat cartesius materi matematika (SD, SMP, dan SMA (Sumbu x dan y), dan materi pemantulan bunyi, IPA SD ( gaung dan gema).

Stalagtit dan stalagmit dua konsep yang rawan terbalik jika dihafalkan
sumber gambar:pixabay

Menghafal konsep secara utuh jika tak teliti, dikhawatirkan konsep tersebut akan terbalik maknanya. Pernah saya alami ketika masih SD, terdapat dua konsep yang mirip dan keduanya keluar sebagai soal Tes Hasil Belajar (sekarang Penialain Akhir Semester). Muncul kekhawatiran, jawaban saya terbalik. Akhirnya, saya putuskan untuk menjawab kedua soal dengan jawaban sama,  harapan saya setidaknya terdapat satu jawaban benar dengan mengorbankan satu soal.


(Pendaftaran bimbingan belajar Eduprivat klik disini!)

Misal, definisi gaung dan gema. Gaung adalah pantulan bunyi yang terdengar HAMPIR BERSAMAAN dengan bunyi asli, sedangkan Gema adalah pantulan bunyi yang terdengar SETELAH bunyi asli. Untuk menyiasati konsep yang mirip, cukup kita ingat salah satu. Sisanya akan kita ingat secara otomatis. Kita ingat Gema dengan kata kunci "SETELAH bunyi asli", maka sisanya, Gaung berarti sebaliknya. Demikian semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sahabat Pendidikan

Text Widget

Unordered List

Sahabat Pendidikan

Powered by Blogger.