LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TEORI JAGAD RAYA KOMPETENSI SINTESA
Teori jagad raya merupakan salah satu materi Geografi yang dipelajari di kelas X. Dalam buku teks teori terkait pembentukan jagad raya tersaji dalam bentuk kalimat. Kondisi itu memungkinkan guru memunculkan kemampuan level tertinggi tingkatan berpikir manusia, yakni mengsintesa. Mengsintesa diartikan sebagai kemampuan mencipta atau menemukan sesuatu.
Nampak sangat tidak mungkin jika guru menuntut peserta didik untuk menemukan atau mencipta sesuatu. Namun dalam bahasa yang lebih sederhana, mengsintesa hanya menuntut siswa sekolah menengah untuk mengkreasi sesuatu. Berikut contoh LKS (sekarang LKPD) Teori jagad raya yang menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi C6 (Mengkreasi).
Lembar Kerja Siswa Materi Jagad Raya |
LKS
di atas dapat dikerjakan secara berkelompok. Dalam satu kelompok
maksimal terdiri dari 4 siswa. Berikan waktu maksimal 20 menit pada kelompok
untuk menyelesaikan gambar terkait 3 teori pembentukan jagad raya tersebut.
Secara umum guru akan menjelaskan materi tersebut dalam bentuk tulisan dan gambar yang kemudian disalin dan ditulis oleh peserta didik. Agar kompetensi sintesa dapat dimunculkan, maka guru sebaiknya tidak menggambar teori tersebut sebelum semua kelompok menyelesaikan lembar kerja di atas.
Selain itu, guru juga perlu menekankan dalam menggambar teori-teori pembentukan jagad raya harus mengacu pada teori yang ada dan benar-benar tidak menyontek milik teman lain ataupun melihat dari sumber-sumber terkait. Karena saat mereka melakukan hal itu, dapat dipastikan tuntutan kemampuan yang awalnya sintesa (C6) akan menurun drastis menjadi kemampuan meniru (C1). Berikut contoh lembar kerja asli yang saya scan hasil peserta didik di sekolah tempat saya mengajar.
Contoh hasil kerja kemampuan sintesa yang mebuktikan bahwa kreativitas seseorang sangat bervariasi |
Demikian, semoga dapat diterapkan pada semester ganjil tahun ajaran depan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Mohon kritik saran dan semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment