Berpikir tingkat tinggi, materi real geografi, dan kependidikan.

Tuesday, 15 December 2015

MATERI PEMBELAJARAN UANG TAK HANYA SOAL MENGHITUNG?

Dalam dunia pendidikan, materi tentang uang telah disisip dan diperkenalkan sejak jenjang Sekolah Dasar kelas III. Lalu dipelajari lagi dalam aritmatika sosial pada jenjang SMP. Materi bab tentang uang memang bersifat sangat aplikatif, karena uang tak pernah lepas dari kehidupan manusia.

Pada jenjang SD, peserta didik diperkenalkan dengan beberapa jenis uang logam dan uang kertas, kemudian dituntut untuk mampu menghitung nilai uang dengan pecahan yang berbeda-beda. Sedangkan pada jenjang SMP, aritmatika sosial menekankan pada perhitungan untung/rugi, rabat dan bunga dari yang sederhana hingga yang paling kompleks. Sangat aplikatif memang, lantas apa sebatas itu materi tentang uang dapat kita sampaikan kepada peserta didik?

Selembar uang ternyata dapat memunculkan pertanyaan dengan banyak tuntutan berpikir. dari tingkatan terendah hingga tertinggi sekalipun. Bahkan memunculkan pertanyaan yang bersifat terbuka/open minded (baca:memunculkan soal open minded dalm evaluasi pembelajaran). Bagaimana caranya?

 Uang dapat memunculkan banyak pertanyaan tingkat rendah hingga tingkat tinggi
1. Siapakah pahlawan yang tercantum pada pecahan uang Rp 2.000,00? (mengingat)
2. Ibu akan memberi uang kepadamu sebesar Rp 10.000,00. dengan pilihan selembar uang Rp 10.000,00/2 lembar Rp 5.000,00/5 lembar Rp 2.000,00/10 lembar Rp 1.000,00/20 keping Rp 500,00.
a. Pecahan mana yang akan kamu pilih? 
b. Jelaskan alasan kamu memilih pecahan tersebut! (Deskripsi)
3. Seorang anak  pergi ke lapangan untuk bermain sepak bola. Ia membawa uang Rp 2.000,00 masing-masin selembar uang kertasdan sekeping uang logam Rp 1.000,00.
a. Seandainya keduanya dimasukkan di saku, jenis uang manakah yang lebih mudah terjatuh?
b. Seandainya kedua uang itu terjatuh di lapangan, jenis uang manakah yang lebih mudah ditemukan? (kemampuan Evaluasi)
4. Mengapa umumnya para pedagang lebih membutuhkan uang pecahan kecil?(analisa)
5. Seorang anak ingin membeli alat-alat tulis untuk kebutuhan sekolahnya. Ia membawa Rp 30.000,00. Berikut harga satuan alat-alat tulis tersebut.
Pensil
Rp 2.000,00
Buku tulis
Rp 2.500,00
Kotak Pensil
Rp 15.000,00
Bolpoin
Rp 3.000,00
Penghapus
Rp 1.000,00
Alat tulis apa sajakah yang mungkin bisa dibeli berdasarkan jumlah uang yang dimiliki anak tersebut? buat daftar pembeliannya! (Open minded)

Soal pertama hanya menuntut peserta didik mengingat, sedangkan no. 2-5 merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Soal no. 2 menuntut siswa mampu mendeskripsikan penyebab/alasan pemilihan pecahan mata uang. Soal no.3 menilai bentuk uang (kertas dan logam) yang lebih mudah terjatuh dan ditemukan, no. 4 mengaitkan pecahan mata uang dengan aktivitas dan kebutuhan pedagang, dan no. 5 menuntut peserta didik kreatif menyusun daftar pembelian menurut harga tercantum berdasar uang yang dimiliki.

Silahkan coba diterapkan pada peserta didik, dan jangan terkejut dengan jawaban mereka. Terimakasih semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Sahabat Pendidikan

Text Widget

Unordered List

Sahabat Pendidikan

Powered by Blogger.